BISNIS EKONOMI

BISNIS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA

Jumat, 07 Oktober 2016

Tentang Bisnis Ekonomi

ABOUT BISNIS EKONOMI







PENDAHULUAN

BAB I

1.1 Latar Belakang
                 Apa itu Bisnis Ekonomi ?  Bisnis Ekonomi adalah Suatu kegiatan atau organisasi yang melakukan menjual suatu barang atau jasa kepada konsumen atau ke bisnis lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan laba sebesar besarnya. Dalam bahasa inggris bisnis itu : business dalam dasarnya adalah busy atau sibuk, yaitu orang orang yang melakukan kesibukan dalam aktivitas ber usaha atau berbisnis untuk mencari keuntungan yang sebesar besarnya. :3 hehe


1.2 Rumusan Masalah 
        Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikutt  :

  1. Pengertian Bisnis dari para ahli ? 
  2. Jenis jenis Bisnis ?
  3. Tujuan Kebijakan Bisnis  ? 
  4. Mengapa harus belajar bisnis ?

1.3 Tujuan 
       Tujuan dari pembahasan ini adalah   :
  1. Untuk mengetahui tentang Bisnis Ekonomi
  2. Agar para pembaca mengetahui dan memahami kendala dan dalam melakukan berbisnis
  3. Untuk mengetahui fungsi dan tujuan dalam bisnis ekonomi 



BAB II

PEMBAHASAN



2.1 Pengertian Tentang Bissnis Ekonomi Bagi Para Ahli.
             
              Ada beberapa para ahli yang menjelaskan pendapatnya tentang , sebagai berikut yaitu :

       1. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Prof.Owen
     Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar atau memberikan harga setiap barang atau jasa.
       2. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Urwick dan Hunt
     Bisnis setiap perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan atas dasar kemauan untuk membeli atau membayar.
       3. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut  Mc.Naughton
     Bisnis adalah pertukaran barang dan jasa atau uang untuk mendapatkan keuntungan.
       4. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Prof.L.R.Dicksee
     Bisnis adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan kegiatan seperti tertarik atau mencoba.
       5. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Willian Spregal 
     Bisnis adalah kegiatan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang dapat diklafikasikan dengan kegiatan bisnis.
      6. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Hooper 
     Bisinis adalah kompleks di bidang industri atau penjualan , industri dasar , proses , manufaktur dan jaringan , insuransi , perbankan , distribusi , transportasi , dan lain lain yang kemudian masuk lebih penuh ke dunia bisnis . Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan mereka yang mengolahnya.
      7. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Steinford 
   Bisnis adalah kegiatan usaha dalam penyediaan barang dan jasa konsumen yang diperlukan .
      8. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Brown dan Patrello
   Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang membutuhkan orang orang . Jika kebutuhan meningkat masyarakat , jumlah produksi menigkat untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat sambil mendapatkan keuntungan.
      9. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Musselman dan Jackson
   Bisnis adalah Jumlah total yang diselenggarakan dalam bidang perdagangan dan industri penyerdiaan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakan dan dapat menigkatkan kualitas hidup.
     10. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Merriaam Wabster
  Bisnis adalah Kegiatan manufaktur , pembelian atau penjualan barang dan jasa yang kemudian ditukar dengan uang pekerjaan atau kegiatan yang merupakan bagian pekerjaan ; jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh toko perusahaan , pabrik , dan lain lain.
    11. Pengertian Bisnis Ekonomi menurut Nurul Shafira ( Saya sendiri :D)
  Bisnis adalah Suatu tindakan kelompok atau organisasi bisnis yang dilakukan untuk menjual suatu produk kreatif , berkualitas dan ber ekonomis kepada para pembeli atau  konsumen yang membutuhkan, dengan mejual harga yang ekonomis dan menguntungkan laba.


2.2 Jenis Jenis Bisnis Ekonomi 
Berdasarkan kegiatan bagi menjadi 3 :

1. Produksi
   Produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengelolah / membuat suatu bahan yang sumber sumber ada , agar terciptanya suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi (menaikan faedahnya).
2. Distribusi
  Suatu proses penyampaian barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sindiri , keluarga , oranglain , maupun makhulk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan .
3. Konsumen 
  Setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat , baik bagi kepentingan diri sendiri , keluarga , orang lain , maupun makhulk hidup lain yang tidak untuk di perdagangkan atau dijual.


2.3 Tujuan Kebijakan dalam Bisnis Ekonomi
   Tujuan kebijakan bisnis ekonomi ada 4 , yaitu :

1. Melindungi Usaha Kecil dan Menengah
 Kebijakan bisnis ini dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah . Karena mayoritas di negara Indonesia ini dominasi oleh usaha usaha menengah ke atas . ini berguna untuk mencega usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah untuk usaha. Padahal justru usaha kecil sangat perlu dikembangkan dan bisa menjadi dan bisa menjadi lebih besar hingga mempunyai daya saing.

2. Melindungi Lingkungan Hidup Sekitarnya
  Melakukan bisnis atau usaha di negara kita ini memiliki aturan. Atuaran tersebut antara lain adalah agar tidak merusak atau memberi dampak negatif kepada lingkungan hidup disekitar wilayah usaha tersebut. Maka para pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negatif yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.

3. Melindungi Konsumen
  Bisnis yang baik adalah bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja, maka kita harus membuat konsumen senang dan puas . Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayanan pun harus prima.

4. Pendapatan Pemerintah 
  Banyaknya bisnis yang beroperasi  dinegara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi negara kita juga. Bisnis yang beroperasi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah . Inilah yang disebut dengan Devisa. Semakin banyak untung atau laba yang diperoleh dalam suatu usaha bisjis, maka semakin besar pula ia harus membayar pajak negara. Devisa ini digunakan  untuk melakukan pembangunan ditiap tiap wilayah dinegara kita ini.


2.3 Mengapa Harus Belajar Bisnis ?
    Kalo menurut Aku itu sangatlah penting , karena kalau kita ingin menjadi usaha itu harus dipelajari dari dulu sebelumnya. Cara melakukan usaha bagaimana ? , apa yang ingin diusahakan ? , berapa modal yang diperlukan ? , apakah yang kita juga itu sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak ? Apakah yang kita jual itu akan menguntungkan atau tidak? maka dari itu belajar bisnis itu sangatlah penting . Kita jadi semakin tahu apa itu bisnis.


             



BAB III

PENGALAMAN DALAM BERBISNIS


3.1 Pengalaman aku dalam berbisnis .
               Sejak waktu saya SMK kelas 1 , saya sudah mulai tertarik dalam usaha. Kebetulan saya mempunyai memasak . Awal mulanya saya suka membuat masakan untuk keluarga, dan mereka sangat menerima dan sangat menyukai dengan masakan yang saya buat . Waktu saya membuat sphagettie , saya meracik bumbu saya sendiri, dan bumbu ini rasanya beda dari yang lain . Pada esoknya saya membawa bekal spaghettie tersebut. Pada jam istirahat, saya dan teman teman saling membawa bekal dan saling mencicipi. Saat tersebut teman saya terkejut dengan rasa masakan saya dan mereka menyarankan saya untuk berjualan. Akhirnya saya mulai tertarik dari saran teman saya. Pada hari tersebut saya dan teman saya melakukan berbisnis. Saya membuat spaghetti nya dan teman saya yang menjualnya. saya sangat tidak pede dalam jadi sales, maka dari itu saya dan teman saya bekerja sama. Pada saat menjual makanan, Alhamdulillah laku keras dan saya mendapatkan laba yang sangat lumayan. Pada saat seterusnya saya mempunyai ide , yaitu croket. Dan usaha saya semakin banyak , dan semakin laku pula. Saya dan teman saya melakukan jualan hingga saya lulus SMK.
  


BAB IV 

REFERENSI


www.hariannetral.com
www.enjang.com/jenis-jenis-usaha-di-indonesia/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar